Motor Yamaha New V-ixion Advance merupakan seri terbaru dari Yamaha Vixion yang merupakan motor sport terlaris di kelasanya dengan angka penjualan mencapai 35 ribu unit setiap bulannnya di seluruh Indonesia. Posisi tersebut tentu menjadi incaran para pesaingnya yang juga bermain di segmen yang sama. Seperti yang dilakukan Honda baru-baru ini dengan meluncurkan All New Honda CB150R Streetfire pada bulan agustus 2015 kemarin. Nah, pada kesempatan ini Motor Cihuy akan mengupas perbandingan Honda All New CB150R dengan Yamaha New V-ixion Advance dari berbagai aspek untuk para bikers semua di tanah air.
Sepertinya pertarungan kedua motor berkapasitas 150 cc ini akan berlangsung sengit, karena All New CB150R diciptakan bertujuan untuk menggeser posisi New Vixion Advance (NVA) yang sudah lama bertengger di posisi teratas sebagai motor paling laris di kelas ini. Apalagi pihak Honda telah membekalinya dengan beragam perubahan yang mengusung teknologi terbaru seperti dari sisi desain, mesin, bodi hingga sasisnya.
Pihak astra Honda Motor (AHM) selaku produsen CB150R di Indonesia mengklaim bahwa motor barunya ini bisa diajak melaju hingga kecepatan 125 km/jam dengan akselerasi hanya 10,5 detik. selain itu konsumsi bahan bakarnya mencapai 40,6 km/liter dengan standar uji emisi Euro 2 dan 37,9 km/liter untuk standar Euro 3. Fitur unggulan lain yang terdapat pada Honda CB150R Streetfire ini adalah lampu utama dan sein yang telah memakai jenis LED dan panel instrumennya yang telah memakai sistem digital, sedangkan pada New Vixion advance masih menggunakan sistem analog.
Di sektor kaki-kaki CB150R streetfire memakai ban dengan ukuran 100/80-17 untuk bagian depan dan 130/70-17 untuk belakang, sedangankanYamaha Vixion Advance menngunakan ukuran ban 90/80-17 untuk roda depan dan 120/70-17 untuk roda belakangnya. Di bagian suspensi depan, CB150R menggunakan pipa tabung berdiameter 31 mm, lebih kecil 2 mm dari miliknya Vixion Advance yang memakai ukuran 33 mm. Namun untuk menghentikan laju roda depan CB150R Streetfire menggunakan piringan cakram berdiameter lebih besar yakni 276 mm dibanding miliknya Vixion Advance yang hanya berdiameter 245 mm.
Sejak generasi pertama Yamaha V-ixion telah mengaplikasikan teknologi balap melalui rangka delta box yang membuat rangka dan sasisnya lebih kokoh dan stabil. Kestabilannya pun didukung oleh optimalisasi beberapa bagian di depan dan belakang seperti suspensi belakang monocross, ukuran arm belakang yang besar, serta wide tubeless tire and low resistences.
Selanjutnya mari kita bandingkan Honda All New CB150R Streetfire dengan New Yamaha V-ixion Advance tersebut berdasarkan 2 hal penting yakni dimensi dan performanya.
Dimensi
Dimensi
|
All New Honda CB150R
|
New V-Ixion Advance
|
Panjang x Lebar x Tinggi |
2.019 x 719 x 1.039 mm
|
1.925 x 720 x 1.030 mm
|
Jarak Sumbu Roda |
1.293 mm
|
1.300 mm
|
Jarak Terendah ke Tanah |
169 mm
|
165 mm
|
Berat Kosong |
136 kg
|
131 kg
|
Dilihat dari ukuran dimensi diatas Honda CB150R Streetfire terbaru ini memang lebih besar dari New V-ixion Advance, sehingga wajar bila bobotnya pun lebih berat sebesar 5 kg dari Yamaha Vixion. Penampilannya bodinya yang besar juga ditunjang oleh kaki-kaki yang berukuran gambot. Namun New Vixion Advance memiliki bagian menarik yang tidak dimiliki oleh CB150R, yakni sebuah undercowl yang terletak di bagian bawah mesinnya.
Sementara itu perbedaan pemakaian tipe jenis rangka dimana CB150R Streetfire menggunakan jenis trussframe (tralis) dan Delta Box pada Yamaha New Vixion Advance, inilah yang menyebabkan perbedaan kedua bobotnya. Dan hal ini pun otomatis akan berakibat pada masing-masing performanya.
Selain itu dengan dimensi dan jenis rangka tersebut mengakibatkan posisi duduk pada Yamaha New vixion Advance lebih rendah dibanding pada Honda CB150R Streetfire.
Performa
Mesin | All New CB150R | Yamaha New V-Ixion Advance |
Tipe Mesin
| 4 Langkah, DOHC – 4 Klep dengan Rocker Arm | 4 langkah silinder tunggal |
Kapasitas Mesin
| 149.16 cc | 149,7 cc |
Tenaga
| 16,7 hp/ 9.000 rpm | 16,36 hp/ 8.500 rpm |
Torsi
| 13,8 Nm/ 7.000 rpm | 14,5 Nm/7.500 rpm |
Transmisi
| Manual 6 percepatan | Manual 5 percepatan |
Berbicara mengenai masalah mesin Honda CB150R Streetfire dan Yamaha New v-Ixion Advance menggunakan pendekatan yang berbeda. Jika Honda memakai sistem DOHC 4 klep dengan roller rocker arm, dengan piston yang dilapsi oleh molybdenum dan pilihan transmisi 6 percepatan. Maka Yamaha NVA memakai teknologi SOHC 4 katup forged piston, DiAsil dengan 5 tingkat percepatan.
Dengan spesifikasi mesin tersebut daya maksimum All New CB150R Streetfire sedikit lebih besar yakni 16,7 hp pada putaran 9.000 Rpm dari Yamaha NVA yang hanya 16,36 hp pada 8.500 rpm. Sementara untuk masalah torsi maksimum Yamaha NVA lebih unggul yakni dengan torsi sebesar 14,5 Nm pada 7.500 Rpm dibanding CB150R yang hanya mencapai 13,8 pada 7.000 Rpm.
Dari angka diatas bisa disimpulkan bahwa dilihat Honda CB150R lebih bertenaga namun kalah dalam urusan torsi. Hanya saja, pencapaian torsi maksimal Honda CB150R diraih pada putaran mesin lebih rendah dari Yamaha NVA. Jika dilihat rasio tenaga bobotnya maka hasilnya, untuk Honda CBR150R mencapai 0,122 sementara Yamaha NVA 0,124. Dari sini bisa kita lihat bahwa rasio tenaga bobot kedua motor ini hanya terpaut sangat kecil.
Kesimpulannya kedua motor sport tersebut sama-sama memiliki tenaga dan torsi yang cukup besar. Dengan desain model terbaru yang mewakili jiwa anak muda jaman sekarang menjadikan penampilannnya diatas rata-rata. Yamaha NVA akan lebih enak untuk diajak bermanuver dalam penggunaan sehari-hari karena bodinya yang lebih ramping, sementara Honda CB150R Streetfire mempunyai type tenaga besar dengan ukuran bodi dan kaki-kaki yang lebih kekar dan setingan suspensi yang sedikit keras, sangat ideal untuk diajak berlari hingga kecepatan tinggi.
sumber : Autocar Indonesia
Kesimpulannya kedua motor sport tersebut sama-sama memiliki tenaga dan torsi yang cukup besar. Dengan desain model terbaru yang mewakili jiwa anak muda jaman sekarang menjadikan penampilannnya diatas rata-rata. Yamaha NVA akan lebih enak untuk diajak bermanuver dalam penggunaan sehari-hari karena bodinya yang lebih ramping, sementara Honda CB150R Streetfire mempunyai type tenaga besar dengan ukuran bodi dan kaki-kaki yang lebih kekar dan setingan suspensi yang sedikit keras, sangat ideal untuk diajak berlari hingga kecepatan tinggi.
sumber : Autocar Indonesia