Saat ini pabrikan motor Jepang berciri khas warna hijau terang ini tengah bersiap-siap untuk meluncurkan model terbaru ZX-10R yang menampilkan beberapa perubahan seperti suspensi baru, sistem elektronik yan lebih canggih, tenaga yang lebih besar serta penampilan bodi barunya yang lebih tajam. Hal ini dilakukan Kawasaki sebagai strategi untuk mengejar ketinggalan dari rival superbike lainnya yang lebih canggih.
Model yang direka ulang ini akan menjadi salah satu dari dua superbike Jepang terbaru yang akan meluncur di tahun 2016, yang akan bertarung langsung melawan semua-baru All New Suzuki GSX-R1000. seperti diungkapkan oleh MCN empat bulan yang lalu (lihat di bawah). Ini merupakan motor yang penting bagi Kawasaki, dan telah dikembangkan dengan dua tujuan yakni menjadi sepeda motor terkuat yang dapat menyamai di kelas terkemuka yang dihuni oleh Yamaha YZF-R1, BMW S1000RR dan Ducati Panigale 1299, serta untuk memastikan konsistensinya di ajang kompetisi balapan World Superbike.
Sejak model pertamanya diluncurkanan pada tahun 2011, perubahan fairing dan warnanya hampir tidak tersentuh yang akhirnya modelnya sekarang tertinggal dari lawan-lawannya. Dari kebanyakan tes yang dilaksanakan Motorcycle News (MCN), saat ini Kawasaki hanya menduduki peringkat keempat di kelasnya dan salah satu yang hasil tercepat yang didapatnya yaitu hanya di sirkuit Jerez di Spanyol.
Sumber MCN di Jepang telah mengungkapkan bahwa New ZX-10R ini akan mendapatkan jauh lebih banyak inovasi di tahun depan, dengan mesin yang direvisi ulang dan bobot engkol lebih ringan, airbox yang ditingkatkan dan rasio gigi yang lebih pendek untuk akan mampu bersaing dengan rival-rival di kelasnya. Selain itu di bagian suspensi depan, Kawasaki ZX-10R terbaru ini akan mendapatkan model terbaru Showa Big Piston Fork disertai dengan rem ABS terbaru yang mampu menstabilkan motor ketika sedang menikung.
Perubahan kosmetik pada bodinya tidak seradikal seperti yang disarankan oleh beberapa desainer yang merebak di beberapa media online, dengan beberapa gambar yang dihasilkan komputer morphing yang merujuk pada H2 dan H2R lengkap dari belakang hingga ke belakang sasis ZX-10R. Sementara itu sistem perangkat elektronik yang mendukung fitur-fitur terbarunya akan sama dengan yang terlihat di Yamaha R1.
Perubahan kosmetik pada bodinya tidak seradikal seperti yang disarankan oleh beberapa desainer yang merebak di beberapa media online, dengan beberapa gambar yang dihasilkan komputer morphing yang merujuk pada H2 dan H2R lengkap dari belakang hingga ke belakang sasis ZX-10R. Sementara itu sistem perangkat elektronik yang mendukung fitur-fitur terbarunya akan sama dengan yang terlihat di Yamaha R1.
Sementara ini memang tidak ada pernyataan resmi mengenai perubahan yang terjadi pada Kawasaki ZX-10R terbaru 2016 ini tetapi sumber MCN menyatakan dengan tegas bahwa motor baru akan diresmikan dalam hitungan minggu ke depan. Mungkin lebih tepatnya debut pertama New ZX-10R ini akan dimulai pada acara Milan Motorcycle Show pada bulan November mendatang.
source : http://www.motorcyclenews.com/