Kehadiran Yamaha MT-25 di Indonesia tahun 2015 ini tentunya membawa suasana baru dalam peta persaingan motorsport bergaya turing kelas 250 cc. Dimana sebelumnya segmen naked bike ini telah lama dihuni oleh Suzuki Inazuma sebagai pionirnya yang hadir tahun 2012 dan kemudian disusul oleh Kawasaki Z250 sebagai rival pertamanya pada awal tahun 2013. Nah, pastinya bikers di tanah air penasaran dong dengan ketiga motor sport telanjang buatan negeri Sakura ini. Bagaimana kalau ketiganya kita bandingkan dalam sebuah komparasi antara Yamaha MT-25, Kawasaki Z250 dan Suzuki Inazuma secara lengkap berikut videonya.
1. Desain
Dari segi desain Kawasaki Z250 tampil lebih futuristik dan garang dibanding kedua pesaingnya, hal ini terlihat dari headlamp-nya yang sangar seperti muka orang yang sedang marah. Garis-garis tajam dan meruncing juga terlihat di sekujur tubuhnya. Sementara itu Yamaha MT-25 hadir dengan desain lebih segar dan tidak ketinggalan gagah seperti nampak pada bagian air shroud pada kedua sisi tanki bahan bakarnya, side-B radiator dan undercowl. Kesan kuat dan kekar juga terlihat pada bagian kaki-kakinya yang berukuran besar sebagai ciri khas motor bergaya street fighter. Sedangkan untuk Suzuki Inazuma yang memiliki desain yang terinspirasi dari Suzuki B-King memiliki dimensi tubuh yang paling besar dibanding dua rivalnya. Ini terlihat dari mulai bagian spatbor depan yang berukuran jumbo, air shroud hingga bodi belakangnya yang lebih besar dan lebar, sehingga bodinya terlihat sangat gambot untuk ukuran motor kelas 250 cc.
2. Performa Mesin
Berlanjut ke bagian performa mesin, antara MT-25 dan Z250 mempunyai karakter yang mirip karena memiliki konfigurasi mesin yang sama yaitu 2 silinder segaris dengan cylinder head DOHC 8 katup. Selain itu juga keduanya mempunyai perbandingan bore x stroke yang over-bore, sehingga tenaganya sangat kuat ketika mesin berada di putaran menengah ke atas. Namun Yamaha MT-25 yang mesinnya diturunkan dari Yamaha YZF-R25 jika diekstrak dengan putaran mesin yang lebih tinggi menghasilkan tenaga yang lebih besar dan menghasilkan akselerasi yang lebih unggul dibanding keduanya. Untuk Inazuma sendiri kendati memiliki konfigurasi mesin yang mirip yaitu 2 silinder segaris dengan klep yang hanya berjumlah 4 buah dan konstruksi mesin SOHC juga perbandingan bore x stroke yang over-stroke menghasilkan tenaga yang kuat di putaran mesin bawah hingga menengah dan RPM-nya pun lebih rendah dari kedua pesaingnya tersebut.
3. Akselerasi
Dengan struktur mesin yang berbeda-beda tersebut ketiganya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Suzuki Inazuma lebih enak jika dipakai harian karena performa mesinnya lebih optimal di putaran bawah sampai menengah sehingga lebih halus dan bertenaga dan pengendaranya tidak perlu capek mempertahankan putaran menengah ke atas. Berbeda dengan MT-25 dan Z250 lebih pas untuk mereka yang doyan ngebut di jalanan namun resikonya mereka harus mempertahankan RPM di putaran menengah ke atas.
#Data Akselerasi dan Tenaga Setelah Diuji dengan Menggunakan Dynojet 250 :
Untuk urusan riding posistion Suzuki Inazuma lebih nyaman di banding yang lain karena memiliki desain kemudi yang tinggi sehingga posisi duduk bisa lebih santai dengan punggung yang tegak. Terutama untuk perjalanan jarak jauh kenyamanannya boleh diblang istimewa dan pengendara tidak akan merasa capek. Sementara itu kedua lawannya memiliki bentuk stang yang datar sehingga membuat posisi duduk pengendaranya lebih membungkuk, walaupun terlihat lebih gagah namun jika dalam waktu yang lama itu akan membuat pergelangan tangannya terasa pegal.
Dengan ukuran wheelbase yang paling panjang dibanding MT-25 dan Z250 Inazuma memiliki handling paling stabil namun konsekuensinya kurang lincah ketika diajak bermanuver di jalan perkotaan yang padat. Kelebihan lain dari Inazuma adalah suspensi yang lebih lembut dibanding kedua rivalnya, sehingga akan terasa nyaman ketika melewati jalan yang rusak sekalipun. Berbeda karakter dengan MT-25 dan Z250 yang mempunyai wheelbase lebih pendek sehingga manuvernya lebih lincah di perkotaan, namun supensinya cenderung lebih keras terutama pada Z250 sehingga ketika memasuki jalan yang tidak rata pengendara akan terasa seperti diguncang-guncangkan, berbeda dengan MT-25 yang mempunyai suspensi depan dan belakang yang lebih soft dibanding Z250 walaupun masih lebih halus suspensi Suzuki Inazuma.
5. Harga
Berbicara mengenai harga jualanya, ketiga motor sport buatan Jepang ini tergolong ke dalam motor yang diimpor secara CBU (Completely Built-Up), sementara belum ada kabar mengenai rencana ketiga pabrikan tersebut untuk merakitnya di dalam negeri, sehingga harganya akan dipengaruhi oleh sejumlah biaya yang merupakan ketentuan khusus bagi barang impor. Namun Yamaha MT-25 yang hadir belakangan mempunyai harga yang paling rendah dibanding Z250 dan Inazuma, untuk lebih jelasnya mari kita simak daftar harga ketiga motorsport naked bike 250 cc tersebut dalam kondisi On The Road (OTR) di Jakarta :
#Spesifikasi Kawasaki Z250 :
3. Akselerasi
Dengan struktur mesin yang berbeda-beda tersebut ketiganya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Suzuki Inazuma lebih enak jika dipakai harian karena performa mesinnya lebih optimal di putaran bawah sampai menengah sehingga lebih halus dan bertenaga dan pengendaranya tidak perlu capek mempertahankan putaran menengah ke atas. Berbeda dengan MT-25 dan Z250 lebih pas untuk mereka yang doyan ngebut di jalanan namun resikonya mereka harus mempertahankan RPM di putaran menengah ke atas.
#Data Akselerasi dan Tenaga Setelah Diuji dengan Menggunakan Dynojet 250 :
a. Daya & Torsi Maksimum
- Yamaha MT-25 = 28,95 dk @ 12.200 Rpm - 19,52 Nm @ 10.300 Rpm
- Kawasaki Z250 = 26.72 dk @ 11.700 Rpm - 18,61 Nm @ 8.400 Rpm
- Suzuki Inazuma = 20,5 dk @ 8.200 Rpm - 18,63 Nm @ 6.400 Rpm
- Yamaha MT-25 = 7 detik dan 6,4 detik
- Kawasaki Z250 = 7,5 detik dan 6,4 detik
- Suzuki Inazuma = 10,8 detik dan 7 detik
Untuk urusan riding posistion Suzuki Inazuma lebih nyaman di banding yang lain karena memiliki desain kemudi yang tinggi sehingga posisi duduk bisa lebih santai dengan punggung yang tegak. Terutama untuk perjalanan jarak jauh kenyamanannya boleh diblang istimewa dan pengendara tidak akan merasa capek. Sementara itu kedua lawannya memiliki bentuk stang yang datar sehingga membuat posisi duduk pengendaranya lebih membungkuk, walaupun terlihat lebih gagah namun jika dalam waktu yang lama itu akan membuat pergelangan tangannya terasa pegal.
Dengan ukuran wheelbase yang paling panjang dibanding MT-25 dan Z250 Inazuma memiliki handling paling stabil namun konsekuensinya kurang lincah ketika diajak bermanuver di jalan perkotaan yang padat. Kelebihan lain dari Inazuma adalah suspensi yang lebih lembut dibanding kedua rivalnya, sehingga akan terasa nyaman ketika melewati jalan yang rusak sekalipun. Berbeda karakter dengan MT-25 dan Z250 yang mempunyai wheelbase lebih pendek sehingga manuvernya lebih lincah di perkotaan, namun supensinya cenderung lebih keras terutama pada Z250 sehingga ketika memasuki jalan yang tidak rata pengendara akan terasa seperti diguncang-guncangkan, berbeda dengan MT-25 yang mempunyai suspensi depan dan belakang yang lebih soft dibanding Z250 walaupun masih lebih halus suspensi Suzuki Inazuma.
5. Harga
Berbicara mengenai harga jualanya, ketiga motor sport buatan Jepang ini tergolong ke dalam motor yang diimpor secara CBU (Completely Built-Up), sementara belum ada kabar mengenai rencana ketiga pabrikan tersebut untuk merakitnya di dalam negeri, sehingga harganya akan dipengaruhi oleh sejumlah biaya yang merupakan ketentuan khusus bagi barang impor. Namun Yamaha MT-25 yang hadir belakangan mempunyai harga yang paling rendah dibanding Z250 dan Inazuma, untuk lebih jelasnya mari kita simak daftar harga ketiga motorsport naked bike 250 cc tersebut dalam kondisi On The Road (OTR) di Jakarta :
- Yamaha MT-25 = Rp 46.000.000,-
- Kawasaki Z250 = Rp 50.600.000,-
- Suzuki Inazuma = Rp 49.500.000,-
#Spesifikasi Kawasaki Z250 :
- Dimensi P x L x T = 2.010 x 750 x 1.025 mm
- Wheelbase = 1.400 mm
- Tinggi Jok = 780 mm
- Mesin = 4 langkah 2 silinder segaris DOHC 8 klep berpendingin cairan
- Bore x Stroke = 62 x 41,2 mm
- Kapsitas mesin = 240 cc
- Rasio Kompresi = 11,3 : 1
- Bobot = 168 kg
#Spesifikasi Yamaha MT-25 :
- Dimensi P x L x T = 2.090 x 745 x 1.045 mm
- Wheelbase = 1.380 mm
- Tinggi Jok = 785 mm
- Mesin = 4 langkah 2 silinder segaris DOHC 8 klep berpendingin cairan
- Bore x Stroke = 60 x 44,1 mm
- Kapsitas mesin = 240,3 cc
- Rasio Kompresi = 11,6 : 1
- Bobot = 165 kg
#Spesifikasi Suzuki Inazuma :
- Dimensi P x L x T = 2.145 x 760 x 1.075 mm
- Wheelbase = 1.430 mm
- Tinggi Jok = 780 mm
- Mesin = 4 langkah 2 silinder segaris DOHC 4 klep berpendingin cairan
- Bore x Stroke = 53,5 x 55,2 mm
- Kapsitas mesin = 248 cc
- Rasio Kompresi = 11,5 : 1
- Bobot = 182 kg
Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat video komparasi Yamaha MT-25, Kawasaki Z250 dan Suzuki Inazuma yang dilansir oleh Otomotif TV di bawah ini:
sumber : http://otomotifnet.com